Minggu, 21 Agustus 2016

TINGKATAN TOKOH AHLI FIQH

Seorang mufti harus mengetahui kedudukan ulama yang pendapatnya dijadikan fatwa, baik kedudukannya dalam kemampuan ilmu riwayahmaupun dirayah. Mufti juga seharusnya mengetahui tingkatan ulama tersebut di kalangan para fuqaha, agar ia dapat membedakan di antara pendapat-pendapat yang bertentangan dan membuat tarjihdengan mengutamakan yang paling kuat.  

1. MUJTAHID YANG BERIJTIHAD SENDIRI (MUJTAHID MUSTAQILL)

Mujtahid mustaqill ialah mujtahid yang mampu membuat kaidah untuk dirinya sendiri. Dia membina fiqh di atas kaidah-kaidah tersebut. Imam madzhab yang empat termasuk mujtahid kategori ini. Ibnu ‘Abidin menamakan thabaqah (tingkat) ini sebagai thabaqah Al-Mujtahidindalam syara’.  

2. MUJTAHID MUTLAK YANG TIDAK BERIJTIHAD SENDIRI (MUJTAHID MUTHLAQ GHAIRU MUSTAQILL)

Mujtahid muthlaq ghairu mustaqillialah mujtahid yang memiliki syarat-syarat berijtihad yang dimiliki mujtahid mustaqill, tetapi dia tidak mencipta kaidah-kaidah sendiri, melainkan dia mengikuti cara salah seorang dari para imam mujtahid. Jadi, mereka sebenarnya muntasib(mengikuti) bukan mustaqill (berdiri sendiri). Contohnya, adalah murid-murid para imam yang empat seperti Abu Yusuf, Muhammad, dan Zufar dari golongan Hanafi. Ibnul Qasim, Asyhab, Asad Ibnul Furat dari madzhab Maliki. Al-Buwaiti dan Al-Muzani dari madzhab Syafi’i. Dan seperti Abu Bakar Al-Marwazi dari madzhab Hambali.

Ibnu ‘Abidin menamakan tingkat ini sebagai thabaqah al-mujtahidindalam madzhab. Mereka berupaya mengeluarkan hukum-hukum dari dalil-dalil syara’ menurut yang ditetapkan oleh guru mereka dalam mengeluarkan hukum. Meskipun dalam sebagian hukum, mereka berbeda pendapat dengan guru mereka, tetapi mereka mengikutinya dalam kaidah-kaidah yang utama. Kedua tingkatan ini telah pupus dan tidak ada lagi.

  3.  MUJTAHID MUQAYYAD

Mujtahid Muqayyad disebut juga dengan mujtahid dalam masalah-masalah yang tidak ada nash dari imam Madzhab atau mujtahid at-takhrij.

Mereka adalah seperti Al-Khashshaf, Ath-Thahawi, Al-Karkhi, Al-Hilwani, As-Sarakhsi, Al-Bazdawi, dan Qadi Khan dari madzhab Hanafi, seperti juga Al-Abhari, Ibnu Abi Zaid Al-Qairawani dari madzhab Maliki. Abi Ishaq Asy-Syirazi, Al-Marwazi, muhammad bin Jabir, Abu Nashr, dan Ibnu Khuzaimah dari madzhab Syafi’i, seperti Qadi Abu Ya’la dan Qadi Abu Ali bin Abu Musa dari madzhab Hambali. Mereka semua dinamakan ashabul wujuh, sebab melahirkan hukum-hukum yang tidak dinashkan oleh imam (madzhab). Perbuatan mereka dinamakan satu wajh dalam madzhab atau satu pendapat (ra’yun) dalam madzhab. Pendapat-pendapat ini dinisbatkan kepada para imam ini, bukan kepada imam pencetus madzhab. Hal ini banyak terjadi pada madzhab Asy-Syafi’i dan Hambali.  

4.  MUJTAHID TARJIH

Mujtahid Tarjih yaitu mujtahid yang mampu menguatkan pendapat yang dikeluarkan oleh imam madzhab dari pendapat-pendapat yang dikeluarkan oleh imam madzhab dari pendapat-pendapat yang lain. Atau, yang mampu melakukan tarjihdi antara apa yang dikatakan oleh imam, dan apa yang dikatakan oleh murid-muridnya ataupun oleh para imam yang lain. Jadi, dia berusaha menguatkan sebagian riwayat yang lain. Misalnya Al-Qaduri dan Al-Marghinani, pengarang kitab Al-Hidayah, dari madzhab Hanafi. Seperti Al-‘Allamah Khalid dari golongan ulama Maliki. Seperti Ar-Rafi’i dan An-Nawawi dari golongan ulama Syafi’i dan seperti Al-Qadhi Alauddin Al-Mardawi, Abul Khaththab Mahfuzh bin Ahmad Al-Kaludzani Al-Baghdadi (510 H) mujtahid dari madzhab Hambali.  

5. MUJTAHID FATWA

Yaitu, seorang mujtahid yang berpegang kuat dengan madzhab, menerima dan menyampaikannya kepada orang lain, serta memberi penjelasan dalam perkara-perkara yang jelas dan dalam perkara-perkara yang musykil. Dia membuat perbedaan di antara pendapat yang paling kuat, yang kuat, yang lemah, yang rajih, dan yang marjuh. Tetapi dia mempunyai kelemahan dalam menguraikan dalil dan mengemukakan bandingannya (qiyas). Mereka adalah terdiri atas para penulis kitab pada zaman mutakhir seperti pengarang kitab Al-Kanz; pengarang Ad-Durr Al-Mukhtar, pengarang Al-Wiqayah, pengarang Majma’ Al-Anhar dari golongan ulama Hanafi, dan seperti Ar-Romli dan Ibnu Hajar dari golongan ulama Syafi’i.  

6. THABAQAT MUQALLIDIN

Al-Muqallidun ialah orang yang tidak mempunyai kemampuan untuk membuat perbedaan antara pendapat yang lemah dan yang kuat, serta tidak dapat membedakan antara yang rajih dan yang marjuh

Selain itu, jumhur ulama tidak membedakan antara mujtahidmuqayyad dengan mujtahid takhrijsedangkan Ibnu ‘Abidin meletakkanthabaqat mujtahid takhrij di tempat yang ke empat setelah mujtahidmuqayyad dengan memberi contoh Ar-Razi Al-Jashshash (meninggal 370 H) dan yang setingkat dengannya.

(Al-Fiqh Al-Islam wa Adillatuhu Juz 1 hal. 46-48)

#Nong_Ji_Nong_roo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar