Jumat, 19 Agustus 2016

MAKSUD ORANG AWAM DALAM BAB SHALAT

Diantara syarat - syarat dalam shalat ialah seseorang harus bisa membedakan antara kefardluan shalat dan kesunahannya. Oleh karena itu, jika seseorang yang shalat meyakini kefardluan shalat dengan kesunahan maka sholatnya batal. Kebatalan shalat ini mengecualikan orang awam yang meyakini bahwa seluruh pekerjaan shalat adalah fardlu, maka sholatnya orang awam tersebut tidak batal.

Adapun yang dimaksud dengan orang Awam adalah orang yang tidak mengerti sedikitpun permasalahan ilmu fiqih yang dapat dijadikan sebagai petunjuk permasalahan lainnya.

Sedangkan menurut syaikh Hafnawi  yang dimaksud orang Awam adalah seseorang yang tidak menyibukkan diri dengan ilmu diwaktu yang mungkin untuk mengetahui tatacara tersebut.

حاشية إعانة الطالبين ج: 1 ص: 148
(قوله نعم إلخ) استدراك على اشتراط التمييز. وقوله العامي المراد به من لم يحصل من الفقه شيئاً يهتدي به الى الباقي. وقيل المراد به ايضا من لم يميز فرائض صلاته من سننها. والعالم من يميز ذلك

حاشية البجيرمي على الخطيب ج: ٤ ص: ١٠٨
وقوله وكان عاميا فسر العامي هنا بانه من لم يميز بين الفرض والسنة. والعالم يخالفه قاله الرملي وعليه فيكون قولهم وكان عاميا ضائعا بعد قولهم ولم يميز. وفسر بعضهم وذكره م ر ايضا بمن لم يحصل من الفقه طرفا يهتدي به الى الباقي. والذي اختاره شيخنا الحفناوي وارتضاه ان المراد بالعامي هنا من لم يشتغل بالعلم زمنا يمكنه فيه معرفة تلك الكيفية. والعالم بخلافه وهذا هو المختار لعدم ايراد شيئ عليه

#Nong_Ji_Nong_roo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar